Penghentian Operasi Tambang Emas Martabe


Dengan hormat,

Seperti yang sudah kita ketahui, batas waktu sepuluh hari yang diberikan Perusahaan kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara guna membantu menyelesaikan masalah pipa sudah berakhir. Hingga hari ini pemasangan pipa tetap tidak dapat dilaksanakan. Tanpa penuntasan pemasangan pipa, tambang emas Martabe tidak dapat beroperasi. Tambang tidak memproduksi emas,  dan tidak menghasilkan uang. Akibatnya perusahaan tidak punya pilihan selain menghentikan operasi tambang dan aktivitas pendukung terkait secara bertahap. Kondisi akhir inilah yang sebenarnya berusaha dihindari, karena itu selama beberapa waktu, Perusahaan terus melakukan negosiasi dengan mengedepankan komunikasi, sosialisasi dan diskusi dengan berbagai lapisan masyarakat dan perangkat pemerintah terkait untuk mencari solusi yang saling menguntungkan semua pihak.

Namun kenyataannya, penolakan sebagian kecil anggota masyarakat yang mengklaim sebagai sura masyarakat tetap menghalangi pemasangan pipa yang sangat menentukan kelanjutan operasi kita. Dengan sangat menyesal, manajemen harus mengambil keputusan sulit untuk menghentikan aktivitas operasional tambang. Keputusan ini tentunya akan mengakibatkan pengurangan pendapatan over time, pemutusan hubungan kerja (PHK), pengurangan karyawan dan dibekukannya pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat, termasuk pengembangan potensi-potensi ekonomi lokal yang sudah mulai dipetik manfaatnya oleh masyarakat luas di sekitar tambang.

Perusahaan tidak memiliki sumber dana tidak terbatas untuk dapat terus menanggung biaya tenaga kerja, biaya operasional, dan program-program laintanpa berjalannya tambang dan produksi emas. Perusahaan masih berharap masalah pipa ini segera menemukan titik cerah, sehingga perusahaan dapat kembali bergerak menghidupkan operasi tambang, meskipun upaya memulai kembali operasi bukanlah proses yang sederhana. Perusahaan snagat menghargai dukungan dan dedikasi tinggi staff selama ini. Manajemen akan berupaya semaksimal mungkin agar seluruh rangkaian proses terkait ketenagakerjaan (pemutusan hubungan kerja dan pengurangan karyawan)  berlangsung dengan baik dan benar-benar sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.

Perusahaan tidak dapat menghalangi staf yang secara pribadi ingin menggunakan haknya untuk menyampaikan aspirasi, ketidakpuasan atau protes kepada pihak lain, namaun perusahaan menyerukan agar semua upaya penyampaian aspirasi dilakukan secara damai, tidak membahayakan keselamatan dirimaupun ketertiban dan keamanan publik. Jangan mudah terpancing isu atau provokasi yang dapat menyebabkan konflik di antara rekan kerja. Sekali lagi, terima kasih untuk dukungan seluruh staff dalam masa sulit ini. Kita harus yakin, kita akan menemukan jalan keluar dari kesulitan ini dan membangun tambang emas martabe seperti kita cita-citakan, dan membawa keuntungan bagi smeua pemangku kepentingan.

Saling percaya, tetap bersatu dan tetap berkomitmen untuk masa depan Martabe. Perusahaan juga memiliki komitmen kuat untuk terus menjalankan tambang emas Martabe bertahun-tahun ke depan, dan kita berusaha mendapatkan solusi terbaik untuk mewujudkan ini semua.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: