Hari-hari berlalu (4)


Hampir 3 bulan kami sudah bekerja di Toka Tindung Gold Project. Semakin hari load pekerjaan semakin banyak. Target pekerjaan pun semakin dikejar. Namun demikian keselamatan kerja tetap yang paling diutamakan. Percuma produktivitas kerja tinggi tapi banyak terjadi kecelakaan atau incident di tempat kerja. Sesuai dengan semboyan Macdow untuk safety : Home without Harm, Everyone everyday, artinya pulang ke rumah tanpa incident setiap orang setiap hari.

Beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan structural seperti repair conveyor bridge, hoper, chute, dan equipment lainnya memerlukan pekerjaan panas atau hot work. Sesuai dengan aturan yang ada, maka pekerjaan panas dipersyaratkan untuk adanya permit yaitu hot work permit yang diterbitkan oleh HSE Department. Tujuan adanya permit ini adalah agar semua parameter pada hot work bisa dinilai terutama dari segi safetynya.

Gambar diatas 2 orang pekerja (Supervisor dan Foreman) sedang melakukan pengukuran terhadap conveyor bridge untuk direpair dan di join. Pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan structural seperti pemotongan, grinding, welding, drilling. Semua pekerjaan adalah termasuk hot work sehingga semua pekerja harus sudah mengidentifikasi potensi-potensi bahaya yang berhubungan dengan hot work sehingga mereka tahu bagaimana untuk mengendalikan atau mengontrol potensi bahaya yang ada.

Ini merupakan salah satu contoh pekerja melakukan welding, karena posisi yang harus direpair pada bagian bawah sehingga pekerja melakukannya dengan cara berbaring. Dalam pekerjaan ini alat pelindung diri tetap digunakan sebagaimana yang telah ada di dalam JSEA.

Pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan mechanical adalah pembubutan dan pembuatan lubang plat untuk equipment. Semua pekerjaan ini dilakukan oleh tenaga kerja yang mempunyai skill dibidangnya karena berhubungan dengan peralatan mesin yang dapat membuat orang cidera kalau tidak berhati-hati dan tidak tahu cara mengoperasikannya. Pekerjanya biasa disebut tool maker atau machinist.

Dengan adanya alat ini semakin memudahkan pekerjaan divisi lainnya, karena material yang mau dilubangin atau dibubut bisa dilakukan disini tanpa harus membawa keluar dari project ini.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: