LKS Bipartit PT. Billiton Indonesia


Sejak disyahkannya Peraturan Perusahaan PT. Billiton Indonesia tahun 2007 – 2009, maka diperlukan suatu lembaga kerjasama untuk menampung aspirasi karyawan sesuai dengan amanat UU No 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Oleh karena itu dengan niat yang baik, management PT. Billiton Indonesia menghimbau untuk dibentuknya lembaga tersebut yang dikenal dengan nama LKS Bipartit. Maksud kata bipartit disini adalah ada keterwakilan dari kedua belah pihak yaitu karyawan dan management. Ada juga yang namanya LKS Tripartit, yang ini melibatkan unsur Pemerintah sebagai pihak ke tiga.

Sosialisasi telah dilakukan oleh HR Department ke karyawan mengenai masalah ini di bulan Maret – April 2008. Akan tetapi karena adanya miss komunikasi sehingga apa yang diharapkan tidak terwujud walaupun sudah ada pemilihan wakil-wakil karyawan di lapangan, namun semua itu tanpa ada kejelasan mengenai prosedur dan mekanismenya. Sampai suatu saat ada yang merasa kurang puas dengan kinerja HR Department mengenai hal ini, sehingga menimbulkan konflik yang akhirnya ketika duduk bersama dengan management hal ini bisa diselesaikan dengan baik.

Bulan Juni tahun 2008, dilakukan sosialisasi kembali mengenai LKS Bipartit yang langsung dibawakan oleh HR manager (Harry Syahrial). Dengan prosedur dan mekanisme yang semakin jelas dan terarah, akhirnya tanggal 7 Juli 2008 pemungutan suara secara demokrasi yang dilakukan selesai dan akan dilakukan perhitungan suara dengan saksi 3 orang karyawan yaitu Achmad Z ichwan (perwakilan dari HSES), Sigit Nurwito (perwakilan dari Eksporasi), dan Rudi Wicaksono (perwakilan dari Finance dan Administration). Dengan hasil 10 besar adalah :

1. Deddy NSP Tanggara

2. Maulana Muhammad

3. Samuel Rampung

4. Bebie G Nuo

5. Andang Setiawan

6. Nana Kuryana

7. Setiawan

8. Priya Husada

9. Ernes Honggo

10. Alidin Muhammad

Dari 10 orang yang mendapatkan suara terbanyak otomatis masuk sebagai formatur yang akan bertugas memilih pengurus LKS Bipartit wakil dari karyawan. Setelah menunggu kabar dan berita, tanggal 29 Juli 2008 diadakan rapat pemilihan pengurus di Hotel Novotel Balikpapan. Bertindak sebagai pimpinan sidang adalah saya sendiri Maulana Muhammad, dan hasil dari rapat ini adalah memutuskan dan menetapkan 6 orang pengurus LKS Bipartit (wakil karyawan dan managemen) dengan pertimbangan jumlah karyawan sebanyak 304 orang sehingga rasio keterwakilannya dalah 1 : 50. Akhirnya 3 orang yang terpilih wakil dari karyawan adalah :

1. Deddy NSP Tanggara

2. Nuo G Bebie

3. Priya Husada

Sebenarnya peluang buat saya sangat terbuka lebar untuk terpilih jadi pengurus LKS Bipartit, namun keputusan yang saya ambil sebelum ini yaitu resign dari Maruwai Coal project membuat peluang saya tertutup sudah. Akan tetapi saya tetap bangga karena ikut serta membidani lahirnya LKS Bipartit untuk pertama kali di PT. Billiton Indonesia. Selamat saya ucapkan kepada kawan-kawan yang terpilih, jangan kecewakan suara yang telah memilih kalian. Selamat bertugas semoga sukses selalu.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: