FIRST AID TRAINING LEVEL 2


 

 

  

Awal tahun 2007 dimulai dengan langkah yang baik oleh HR Department dengan menyelenggarakan First Aid Training Level 2 bagi karyawannya. Training ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 17 – 18 Januari 2007 bertempat di Padepokan Camp 72. Seperti biasa instrukturnya berasal dari salah satu provider medical yang sudah tidak asing lagi bagi kita yaitu International SOS menurunkan mas Hendri Sukmara berpengalaman di SOS selama 11 tahun dan mas Sindu Agung berpengalaman di SOS selama 5 tahun. Training diikuti oleh 15 orang peserta dari Tuhup Camp, Bumbun Camp, 72 Camp, Haju Camp, dan Pemantang Camp tidak ketinggalan peserta special dari Balikpapan sebagai satu-satunya peserta perempuan dalam training ini yaitu Sdri. Pauline dari CRD Dept.

 

Hari pertama merupakan refresh dari first aid level 1 yang berisi materi : Bantuan Hidup Dasar pada orang dewasa (BHD), Resusitasi Jantung Paru atau istilah kerennya RJP, Posisi pemulihan, Sumbatan jalan napas, Luka dan perdarahan, Keseleo dan cedera otot serta Luka bakar. Pada hari pertama ini langsung dipraktekkan bagaimana melakukan RJP yang baik dan benar dan melakukan posisi pemulihan bagi korban serta melakukan pembalutan luka dan perdarahan. Pada hari kedua merupakan kelanjutan level 1 dengan materi : Survei kedua, Syok, pingsan dan tidak sadar, Dislokasi dan patah tulang, Cedera kepala dan tulang belakang, Keracunan, Gigitan dan sengatan, Terpapar pada suhu yang ekstrim serta Pencatatan dan pelaporan. Kemudian dilanjutkan praktek pertolongan seperti foto yang ada.

 

Dari materi hari kedua, yang menarik adalah gigitan dan sengatan karena hampir keseluruhan peserta bekerja di hutan yang mana sangat berisiko terkena gigitan dan sengatan hewan baik yang biasa maupun yang berbisa seperti gigitan ular (snake), laba-laba (spider) dan kalajengkin (scorpion). Untuk penanganan gigitan ular, korban ditenangkan, jangan banyak bergerak, cuci luka secara perlahan, keringkan luka gigitan kemudian lakukan pembalutan untuk imobilisasi, segera bawa ke paramedic. Sedangkan penanganan gigitan laba-laba dan kalajengking, tenangkan korban, tinggikan daerah cedera, dan berikan kompres dingin menggunakan es/air dingin, segera bawa ke paramedic.

 

Pada hari kedua ini dilakukan simulasi pertolongan korban serangan babi hutan yang melibatkan personel Camp 72 yang dikomandani oleh Pak Sabito. Hasil simulasi dinilai lumayan baik oleh instruktur, kekurangannya adalah tidak adanya pencatatan pada survey kedua serta tidak adanya orang yang berinisiatif sebagai leader dalam first aid team tersebut. Sebelum itu, dilaksanakan ujian praktek untuk melihat tingkat penyerapan materi oleh peserta dengan hasil memuaskan. Terakhir diadakan tes tertulis untuk menguji daya ingat dan daya serap peserta terhadap materi yang diberikan.

 

Sungguh merupakan pengalaman berharga bagi kami para peserta untuk lebih mengupdate pengetahuan tentang first aid. Semoga training ini akan terus dilaksanakan bagi teman-teman karyawan lainnya. (mm)

 


Peserta First Aid Training Level 2

(Berdiri kiri – kanan : Hendri Sukmara, Maulana Muhammad, Riduansyah, Pauline Tahulending, Juhartono Sudiman, Wahyuri Tulungallo, Kariyadi, Muridho, Sindu Agung).

(Duduk kiri – kanan : Supiansyah, Sugeng Yanto, Setyo Saptono, Apri, Rustam, Bambang Kusnadi, Ratno).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: