JALAN HIDOEP KOE… (4)


Ama_baim_di_banjar_1Setelah menyelesaikan pendidikan di bangku SMU, saya melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Universitas Gadjah Mada melalui jalur Penjaringan Bibit Unggul Daerah (PBUD). Saya mengambil fakultas Kehutanan jurusan Konservasi Sumber Daya Hutan, sesuai dengan arahan dan bimbingan dari guru SMU saya yaitu Bapak Sutady Lanyumba, namun demikian Orang Tua saya khususnya Bapak saya, menginginkan saya mengambil fakultas Teknik jurusan Teknik Kimia tapi teman saya lainnya sudah mengambilnya jadi tetaplah saya ambil Kehutanan. Tiba pertama kali di kota Yogyakarta tanggal 30 Juni 1997, setelah mengikuti proses registrasi ulang di UGM hingga akhirnya ujian tes matrikulasi bagi mahasiswa jalur PBUD & PBAD, saya dinyatakan lulus dan tidak di wajibkan untuk ikut matrikulasi (kuliah tambahan), betapa senang hati saya saat itu karena bebas dari matrikulasi. Di UGM ini juga saya bertemu dengan rekan-rekan sesama siswa teladan waktu itu di antaranya Moh. Rusli, Iir Prihartini, Junaedi, Indraswari, Haryo dan Ana Lucki. Tanggal 31 Juli 1997, saya akhirnya menempati kos di sebelah utara UGM tepatnya kompleks Swakarya. Tempat kos saya memiliki nama pondok alit yang berarti rumah yang kecil. Di kos inilah saya memulai hidup sebagai mahasiswa di kota Yogyakarta yang terkenal dengan sebutan kota Gudeg, kota budaya dan kota pendidikan. Pada masa mahasiswa inilah saya mencoba untuk aktif di berbagai kegiatan baik fakultas maupun universitas. Dimulai menjadi anggota Senat Fakultas sebagai wakil dari jurusan, menjadi ketua bidang informasi dan komunikasi di Forkomkon, dan menjadi anggota Unit PPPK UGM. Beberapa kegiatan yang saya ikuti mewakili fakultas antara lain Seminar Mahasiswa Kehutanan Indonesia di Makassar, Lomba Karya Tulis Ilmiah Kehutanan di IPB Bogor yang alhamdulillah mendapat juara 2 tingkat nasional sedangkan kegiatan yang mewakili UGM diantaranya Latihan Vertical Rescue SRT bersama rekan saya Wahyu “Kendil” Pambudi serta kegiatan Semiloka NAPZA di Jakarta. Tahun 2002 tepatnya bulan Agustus, saya menyelesaikan kuliah saya di UGM dan mendapat gelar sarjana yang selalu menjadi dambaan dan harapan orang tua dan calon mertua haa..ha.. Menunggu waktu wisuda, saya sedang mengerjakan proyek antara World Bank dengan CHBP fakultas Kedokteran UGM di Klaten mengenai Program Pemberhentian merokok bagi masyarakat. Ya lumayan untuk memperkaya diri dengan pengalaman bersama rekan-rekan lainnya. Sebelum proyek berakhir, saya keterima kerja sebagai Management Trainee (MT) di PT. Matahari Kahuripan Indonesia (Makin Group) tempat saya kerja sampai saat ini yang bergerak di bidang agrobisnis. (To be continued)

Leave a Reply

